YAMAHA, nama tersebut
diambil dari nama pendiri pertamanya “Torakusu Yamaha”. Karena kesukaannya pada musik, Torakusu
Yamaha mendirikan perusahaan Yamaha Corp pada tahun 1887 dan dikenal sebagai pembuat Orgen pertama di jepang
dengan logo garpu tala. Dalam waktu singkat Yamaha dikenal sebagai pembuat
berbagai instrumen musik terbesar di dunia. Tahun 1955 disaat perang telah
berakhir, Torakusu Yamaha kembali membangun pabrik pembuat alat musik dibawah
bendera NIPPON GAKKI di daerah Hamamatsu, yang merupakan pusat sepeda motor di
Jepang, termasuk juga motor Suzuki dan Honda yang berasal dari kota jepang. Produksi
pertama Yamaha Motor Corp adalah single cylinder 2 stroke 125cc, dimana hasil
copy dari DKW 125cc yang berasal dari pabrikan Jerman (Bantam). Sepeda motor
ini diberi nama YA1 alias Atakombo dalam bahasa kanji yang berarti Red Dragon
Fly (Capung merah). Nama ini diambil dari nama pesawat tempur Jepang. Saat itu
motor Yamaha berwarna merah sehingga terlihat beda dengan motor-motor lain yang
semuanya berwarna hitam. Produksi pertama Yamaha Motor Corp cukup sukses.
Berikutnya Yamaha Motor Corp menggunakan engine 175cc. Pada tahun 1957 Yamaha
Motor Corp memproduksi motor twin cylinder YDI yang sanggup mengeluarkan power
20 bHP.. dan memenangkan race Mount Asama di Jepang. Produksi motor ini sekitar
15.811 bikez namun jumlah ini masih dibawah produksi Honda dan Suzuki. Pada
tahun 1966 Yamaha mulai mengembangkan sayapnya dengan membuka pabrik diluar
negara Jepang, Thailand. Yamaha mulai melewati Suzuki dalam hal produksi motor,
dimana pada tahun 1967 telah mencapai 406 ribu unit motor. Jumlah ini melewati
saingan terdekatnya Suzuki dengan selisih sekitar 4 rebu unit. Pada Tahun 1970,
jumlah type product yang ditawarkan Yamaha mencapai 20 jenis, mulai dari 50cc
sampai dengan 350cc. Selain itu Yamaha juga menyadari potensi 2 stroke masih
terbuka lebar sehingga Yamaha memproduksi sekitar 574 ribu engines dan 60%
diantaranya untuk di ekspor. Dan ditahun yang sama juga, Yamaha mulai bermain
di 4 stroke dengan mengeluarkan motor XS1 650cc vertical twin dimana megadopsi
dari Triumph Twin. Motor ini sanggup mengeluarkan power sebesar 50HP pada
7200RPM dan torsi maksimum sebesar 52Nm pada 6000RPM. Tidak hanya itu pada
tahun yang sama Yamaha membuat YR 5, ini motor pertama yang terkenal ringan dan
relatif terjangkau harganya dibanding
motor2 dikelasnya saat itu. Itulah sekilas tentang sejarah Motor Yamaha. Motor
Yamaha U50 atau lebih dikenal dikalangan para kolektor Yamaha Minthi adalah salah satu sepeda motor yang aku cari
selama setahun lebih baru menemukan motor ini. motor ini adalah salah satu
motor Yamaha yang paling dicari Penggemar Motor Klasik karena modelnya yang
klasik dan langka keberadaannya. Langka karena motor ini boleh dibilang limited
Edition pada masanya. Sebenarnya aku
sudah setahun lebih mencari motor ini
tapi belum berhasil mendapatkannya. Pada suatu hari aku tanpa sengaja bertemu
dengan teman yang juga hoby barang antik dan dia bercerita bahwa di Wilayah Blimbing Kota malang ada seseorang yang memiliki Yamaha U50 mau
dijual, tanpa pikir panjang aku mengajak temen tadi untuk melihat motor
tersebut setelah aku melihat sendiri
motor tersebut aku cocok karena aksesoris dan kelengkapannya masih banyak yang
orisinil akhirnya proses jual belipun terjadi dan motor tersebut menjadi penghuni baru di Museumku. Motor yamaha U 50
sesuai dengan namanya berkapasitas mesin 49cc, dengan spesifikasi :
Pemindahan : 49 cm ³
Mesin : 2 langkah
Pengapian : poin Breaker
Transmisi : 3-speed dengan kopling
semi-otomatis
Sistem
bahan bakar : Karburator
Top
Speed : 60 km / jam (50 mph)
Listrik : 6 Volt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar